Wabup OKU Nonaktif Johan Anuar Terdakwa Dugaan Korupsi Lahan Kuburan Divonis 8 Tahun



Suasana sidang vonis terdakwa Johan Anuar di Pengadilan Tipikor Palembang. (Foto-Dedy/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Wakil Bupati (Wabup) OKU nonaktif Johan Anuar, terdakwa dugaan kasus korupsi pengadaan lahan kuburan atau Tempat Pemakaman Umum (TPU) tahun 2013, Selasa (4/5/2021) divonis 8 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Palembang.

Ketua Majelis Hakim Erma Suharti SH MH saat membacakan vonis terdakwa dalam sidang yang digelar secara virtual mengatakan, berdasarkan keterangan saksi-saksi dan barang bukti di persidangan maka terungkap fakta jika perbuatan terdakwa Johan Anuar yang pada tahun 2013 menjabat Wakil Ketua DPRD OKU, bersama dengan Umirtom Sekda OKU saat itu (sudah lebih dulu divonis), Akhmad Junaidi yang kala itu Asisten Pemerintahan Setda OKU (sudah lebih dulu divonis), Najamudin yang ketika itu Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja OKU (sudah lebih dulu divonis), serta bersama Hidirman alias Hidir (sudah lebih dulu divonis) telah melakukan dugaan tindak pidana korupsi pengadaan lahan TPU seluas ±10 Ha, di Kelurahan Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.

Baca Juga :   2 Warga Muratara Jadi Tersangka Kasus Ladang Ganja

“Dengan ini mengadili terdakwa Johan Anuar dengan vonis hukuman penjara 8 tahun, denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Selain itu terdakwa juga dibebankan pidana uang pengganti Rp 3,2 miliar dengan ketentuan harta benda terdakwa akan disita, dan apabila harta benda tersebut tidak mencukupi mengganti uang kerugian negara maka diganti hukuman penjara selama 1 tahun. Bukan hanya itu, hak politik terdakwa untuk dipilih juga dicabut selama 5 tahun terhitung setelah terdakwa menjalani masa hukumannya,” tegas Hakim. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Ribuan Warga Tionghoa Rayakan Imlek, Tahun Ayam Api Rezeki Datang Terus

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Hari Pertama Lebaran, Wakapolda Sumsel Cek Pos Penyekatan Dekranasda Jakabaring

Palembang, koranSN Dihari pertama lebaran Idul Fitri, Kamis (13/5/2021) Wakapolda Sumsel, Brigjen Pol Rudi Setiawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.