Wakil-wakil Italia di Kompetisi Eropa Musim Depan

champions-header

Jakarta – Lazio untuk pertama kalinya lolos ke Liga Champions musim depan setelah terakhir kali tampil di musim 2007/2008. Kelolosan Gli Aquilotti itu harus membuat Napoli gigit jari.

Serie A musim 2014/2015 resmi tuntas pada Senin (1/6) dinihari WIB. Meski Juventus sudah memastikan juara, namun persaingan menuju kompetisi Eropa masih tetap ketat khususnya Lazio dan Napoli yang bersaing memperebutkan tiket playoff Liga Champions.

Pada akhirnya Lazio lah yang mendapatkan tiket tersebut setelah memenangi partai “hidup-mati” kontra Napoli di stadion San Paolo dengan skor 4-2. Dengan hasil ini maka Biancocelesti finis di posisi ketiga dengan 69 poin, terpaut satu angka dari AS Roma di atas. Sementara Napoli harus puas finis di posisi kelima dengan 63 poin.

Sementara dua wakil Italia lainnya di Liga Champions adalah Juve dan Roma yang akan langsung lolos ke fase grup. Lazio akan jadi wakil ketiga Italia jika mampu memenangi babak playoff Liga Champions atau mereka akan terlempar ke Liga Europa.

Baca Juga :   Fulham Kembali ke Liga Premier

Bagaimana dengan Liga Europa?

Secara otomatis Italia mendapat dua wakil yakni Fiorentina dan Napoli yang finis berurutan di posisi keeempat serta kelima, akan tampil di langsung di fase grup.

Sebenarnya Italia masih punya satu wakil lagi yakni Genoa, yang mendapat limpahan tiket babak ketiga kualifikasi Liga Europa dari Coppa Italia, karena kedua finalisnya, Juve serta Lazio finis tiga besar.

Namun, Genoa masih menunggu masih menunggu keputusan dari UEFA terkait lisensi tampil di Liga Europa. Sebab Genoa dinyatakan gagal menyediakan stadion yang layak untuk main di Eropa, kandang Genoa saat ini Luigi Ferraris dianggap harus melakukan renovasi supaya memenuhi standar UEFA.

Genoa sudah melakukan banding dua kali, dan keduanya ditolak. Mereka saat ini tengah melakukan upaya banding terakhir, di mana keputusannya akan diketahui pada 3 Juni mendatang.

Baca Juga :   MU Sesumbar Libas Sevilla

Jika bandingnya kembali ditolak, maka tiket ke Liga Europa akan jadi milik Sampdoria (56 poin) yang menempati posisi tujuh. Sampdoria sebenarnya juga berkandang di Luigi Ferraris, namun Il Samp mengajukan Mapei Stadium sebagai stadion kandang untuk kompetisi Eropa.

Klub-klub Serie A di Kompetisi Eropa musim depan

Liga Champions

1. Juventus (juara) – fase grup
2. AS Roma (posisi 2) – fase grup
3. Lazio (posisi 3) – Playoff

Liga Europa

4. Fiorentina (posisi 4) – fase grup
5. Napoli (posisi 5) – fase grup
6. Genoa/Sampdoria – babak ketiga kualifikasi

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Luis Suarez Teken Kontrak Dua Tahun dengan Atletico Madrid

Jakarta, KoranSN Luis Suarez resmi menandatangani kontrak dua tahun dengan Atletico Madrid setelah lolos pemeriksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.