Warga 15 Ulu Keluhakan Aroma Tumpukan Sampah

Tumpukan sampah yang berada di Kelurahan 15 Ulu
Kecamatan Jakabaring Palembang. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Tumpukan sampah di Jalan Pangeran Ratu Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Jakabaring Palembang, tepatnya tidak jauh dari Pasar Induk Jakabaring, Rabu (8/11/2017) dikeluhkan sejumlah warga, baik yang melintas maupun masyarakat di kawasan tersebut. Sebab, aroma yang tidak sedap dari sampah-sampah tersebut menyebar hingga kemana-mana.

Tidak adanya fasilitas seperti bak sampah atau Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di lokasi, sehingga membuat sampah berserakan dan membuat siapapun yang melintas, baik pengendara roda dua terpaksa menutup hidung lantaran sampah yang sudah membusuk. Tidak hanya itu, di kawasan ini juga banyak tumpukan sampah di pinggiran jalan.

“Kalau lewat jalan sini pasti saya menggunakan masker, lantaran tidak tahan dengan aroma sampah yang ditimbulkan. Padahal saya perhatikan, mobil sampah juga sering mengangkut sampah di sini, tetapi sampah tetap menumpuk hingga menimbulkan bau tidak sedap,” ungkap Dita salah satu pengendara yang melintas.

Hal Senada dilontarkan Slamet, salah satu pedagang di kawasan tersebut. Diungkapkannya jika tumpukan sampah itu memang sudah lama, ini terjadi lantaran tidak tersedianya bak sampah. Jadi, masyarakat terpaksa membuang sampah di lokasi hingga berkelanjutan dan menjadi kebiasaan.

Baca Juga :   Komplek BSD Kampung Tangkal Covid-19 Pertama di Palembang

Lanjutnya, warga sekitar mengantisipasi aroma yang tidak sedap dengan cara membakar sebagian sampah setiap sore hari. Sebab jika pagi hari, biasanya ada truk sampah yang mengangkut. Tapi truk tersebut tidak sampai habis mengakut sampah, sehingga pada sore hari volume sampah menjadi bertambah.

“Ini kan jalan alternatif yang sering dilalui orang, apalagi jalan ini menghubungkan ke kawasan Jakabaring Sport City, tentu banyak yang melihat. Semoga pemerintah cepat memberikan solusi, apalagi kota kita akan menjadi tuan rumah Asian Games. Jadi, banyak turis yang akan berkunjung,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Faisal AR mengatakan, di kawasan Jakabaring itu, sebenarnya pihaknya telah menyediakan TPS yang berada di dalam Pasar Induk. Namun kesadaran dari masyarakat itu sendiri terhadap kebersihan lingkungan juga sangat mempengaruhi.

Baca Juga :   Pangdam II/Swj Terima Penghargaan Pengamanan Asian Games 2018 di Palembang

Dikatakannya, selain TPS yang berada di Pasar Induk, pihaknya juga telah menyediakan TPS di kawasan Jalan Amin Mulia. Kemudian, untuk menyediakan lebih banyak TPS di wilayah tersebut, sementara ini pihaknya terkendala karena tidak adanya lahan.

“Beberapa waktu lalu saya memimpin langsung untuk membersihkan sampah di kawasan itu. Namun, kita juga mengharapkan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, lantaran jumlah petugas kita dan mobil truk sampah hanya terbatas. Jadi, masyarakat juga diharapkan berperan aktif demi kebersihan dan keindahan kota kita tercinta ini,” tuntasnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Diresmikan MenPAN-RB, Palembang Miliki Mall Pelayanan Publik

Palembang, KoranSN Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo hadir …