Warga Desa Muara Lawai Dihimbau Waspada Isis

GRUP DISKUSI-KBO Binmas polres muara enim dalam kegiatan Grup diskusi tolak kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi di Desa Muara Lawai,Kecamatan Muara Enim.foto-yudi/koransn.

Muara Enim,KoranSN
Puluhan warga Desa Muara Lawai Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim mengikuti Fokus Grup diskusi tolak kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi di masyarakat yang dselenggarakan oleh Binmas Polres Muara Enim berlangsung di Kantor Kades Muara Lawai, Selasa (28/2/2017) sekitar pukul 09.00 wib.

Sebagai narasumber dari pemateri diskusi tersebut disampaikan langsung oleh KBO Binmas Polres Muara Enim Iptu Teguh SP Alam, hadir juga Sekdes Muara Lawai Iskandar, perangkat desa, dan tokoh pemuda desa setempat.Teguh memaparkan tentang  gerakan dan ajaran ISIS sangat bertentangan dengan agama islam dan diharamkan oleh MUI. Menurutnya, gerakan ISIS sangat mengancam keutuhan NKRI dan Pancasila dan semangan Bhinneka Tunggal Ika.

Dijelaskan Teguh, MUI haramkan bergabung dengan ISIS, bila ada warga Indonesua yang mendukung gerakan ISIS maka mereka jelas telah mendukung hal yang haram dan bertentangan dengan ajaran Islam.“Tindakan ISIS selama ini melakukan tindakan kekerasan, pembunuhan, dan perusakan tempat-tempat ibadah. Tindakan tersebut diharamkan karena tidak sesuai dengan prinsip rahmatan lil alamin dari agama Islam,”ulas Teguh.

Baca Juga :   KPU Muara Enim Doakan Petugas KPPS yang Meninggal

Diakui Teguh, tindakan ISIS sangat bertentangan dengan ajaran agama islam dan tidak pantas didukung dan diterapkan bahkan dianut, gerakan ISIS mengancam keutuhan NKRI, bertentangan dengan jiwa pancasila, dengan semangat bhinneka Tunggal Ika.Teguh juga mendiskripsikan beberapa ciri-ciri ISIS, diantaranya, bendera hitam, mengkafirkan kaum lain, hati mereka kaku dan keras, tanpa rasa kasihan dan brutal, merasa mereka benar dan menyalahkan kaum lain, mengatas namakan kunyah (Abu), suka berselisih paham dengan kaum lainnya.

Sementara itu, Sekdes Muara Lawai Iskandar mengapresiasi kegiatan Grup diskusi tolak kelompok radikal pro kekerasan dan intoleransi di masyarakat. Diharapkan, warga yang telah mengikuti kegiatan tersebut akan semakin paham dan selalu waspada dengan bahaya ISIS.“Desa Muara lawai bebas dari gangguan dari kelompok radikal dan  anti kekerasan diharapkan kamtibmas di Muara Lawai tetap aman dan kondusif,”ungkap Iskandar.Dia menghimbau kepada masyarakatnya, jika mendapati atau menemumkan hal-hal yang mencurigakan yang dapat  berpotensi konflik atau gangguan diharapkan segera melaporkannya, baik kepada Babinsa, Babinkamtibmas maupun ke Kades Muara Lawai. (yud)

Baca Juga :   Polres Muara Enim Gelar 539 Senpira Sitaan
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

SHM Lahan Ekstransmigrasi Kabupaten Muara Enim Diserahkan

Muara Enim, KoranSN Bupati Muara Enim H Juarsah didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Muara Enim …