Warga Luar Daerah Bisa Buat SIM di Muara Enim



Adik Listiyono. (foto-istimewa)

Muara Enim,KoranSN

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muara Enim, terhitung Januari 2018 lalu telah menerapkan layanan pembuatan surat izin mengemudi (SIM) berbasis jaringan atau online.

Pelayanan SIM secara online menerima pemohon dari luar domisili sesuai yang tercantum di kartu tanda penduduk (KTP) dengan persyaratan utama dalam pembuatan atau perpanjangan SIM secara online, yaitu harus KTP elektronik (KTP-El). Demikian diungkapkan Kapolres Muara Enim AKBP Leo Andi Gunawan melalui Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Adik Listiyono, kemarin.

Adik mengatakan, pelayanan tersebut sangat antusias disambut masyarakat. Sebab, menurutnya, sistem ini, mempermudah masyarakat dalam membuat SIM di seluruh Indonesia. Jadi, masyarakat dari luar Kabupaten Muara Enim bisa membuat SIM di Satlantas Polres Muara Enim.

“Untuk mengoptimalkan pelayanan SIM, kita telah menambah peralatan, seperti komputer untuk ujian teori kini menjadi 10 unit, kendaraan uji praktek menjadi 3 unit untuk sepeda motor (R2), dan 1 unit kendaraan R4,”terang Adik.

Adik menyebutkan, rata-rata seharinya, pemohon mencapai 80-100 orang, “Pemohon bukan hanya dari Muara Enim melainkan banyak juga dari luar daerah yang bekerja di Muara Enim,” ulasnya.

Baca Juga :   Wabup Seluma Kunker ke Pemkot Lubuklinggau

Selain itu, pihaknya juga telah menerjunkan 11 petugas di Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM Satlantas Polres Muara Enim. Selama berjalan hampir dua bulan, Adik mengaku pembuatan SIM online terbukti efisien dalam menghemat waktu dan lebih cepat. (yud)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Proyek Tol Seksi II Prabumulih-Muara Enim Masuk PSN 2025

Muara Enim, KoranSN Pj Bupati Muara Enim Dr H Ahmad Rizali MA memastikan proyek jalan …

error: Content is protected !!