Warga Thailand Dominasi TKA di Palembang





Ilustrasi.
Ilustrasi.

Palembang, KoranSN

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Palembang mendata hingga kini tercatat ada sebanyak 140 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang menetap di Kota Palembang.

Kepala Disnakertrans Kota Palembang, Isnaini Madani, Senin (16/5/2016) mengungkapkan, mayoritas dari TKA tersebut didominasi warga negara Thailand.

Isnaini menjelaskan, para TKA yang menetap di Palembang tersebut tidak seluruhnya bekerja di Palembang, melainkan ada juga yang bekerja diluar daerah.

“Dari total keseluruhannya, ada sebanyak 70 warga yang bekerja di Palembang. Selebihnya bekerja diluar daerah, seperti Musi Banyuasin, Muara Enim,” jelasnya.

Lanjutnya, mayoritas dari TKA, bekerja di perusahaan perkebunan. Para TKA juga diyakini memiliki posisi penting dalam setiap perusahaan tersebut.

“Posisi mereka di perusahaan sendiri bukanlah sebagai karyawan biasa melainkan memiliki posisi penting yang memang di butuhkan oleh setiap perusahaan. Biasanya mereka bekerja sebagai tenaga ahli. Yang posisi-posisi seperti itu belum ada dalam skill para pekerja lokal,” ungkapnya.

Baca Juga :   Gubernur Hadiahi Selebgram Aishwa Umroh Sekeluarga

Terkait hal ini, sambungnya, pihaknya sedang mengupayakan agar para pekerja lokal juga memiliki skill ataupun potensi yang sama seperti TKA tersebut dengan ,meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada melalui pembinaan agar nantinya perusahaan-perusahaan di Palembang tidak perlu mempekerjakan TKA di perusahaan mereka.

Sedangkan, hak atas perlindungan untuk para TKA sendiri, sambungnya, sama saja dengan tenaga kerja lokal, dan tidak ada perlakukan istimewa. Namun, para TKA ini wajib melapor untuk memperpanjang izin mereka setiap satu tahun sekali kepada pihak Disnaker.

Baca Juga :   Ramai-ramai Wartawan Mulai Daftar Kuliah S2 ke Bina Darma

“Setiap satu tahun sekali mereka (TKA) wajib memperpanjang izin bekerja mereka bekerja disini. Ditambah lagi sekarang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sedang membahas masalah terkait TKA ini,” tuturnya.

Diketahui, TKA ynag berasal dari Thailand berjumlah 62 orang, dari Jepang 20 orang, sisanya dari China, Inggris, USA, Taiwan, India, Singapura dan lainya. (tya)





Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Perkuat Peran Pers dalam Mensukseskan Sumsel Mandiri Pangan

Palembang, KoranSN Dalam rangka HUT ke-76 PWI dan Hari Pers Nasional 2022, PWI Prabumulih akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!