Waspada! 4 Daerah Rawan Longsor dan Banjir Bandang



Ilustrasi. (foto-antaranews)

Palembang, KoranSN

Empat daerah di Provinsi Sumsel harus mewaspadai terjadinya bencana longsor dan banjir bandang dimusim penghujan yang saat ini terjadi. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, Minggu (24/11/2019).

Dikatakannya, adapun empat daerah di Sumsel yang berpotensi terjadinya bencana longsor tersebut, yakni di Kabupaten OKU Selatan, Pagaralam, Lahat dan Kabupaten Empat Lawang.

“Jadi, empat daerah tersebut di Sumsel yang berpotensi terjadi longsor di musim hujan yang kini terjadi,” katanya.
Masih dikatakannya, berpotensinya longsor di OKU Selatan, Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang dikarenakan di empat daerah tersebut terdapat banyak perbukitan.

“Untuk itulah kami menghimbau agar warga masyarakat dapat mewaspadai jika adanya retakan tanah di lereng yang terjal. Sebab saat intensitas hujan tinggi terjadi, maka di kawasan perbukitan tersebut dapat terjadi longsor,” ungkapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, bukan hanya bencana longsor saja yang diwaspadai dimusim penghujan saat ini. Sebab, di daerah yang rendah juga sangat berpotensi terjadinya banjir bandang.

Baca Juga :   Kapolresta Resmikan Mushola At-Taqwa Polsek Plaju

“Untuk lokasi rawan terjadinya banjir bandang ini sama dengan lokasi di daerah yang rawan longsor, yakni OKU Selatan, Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang. Namun yang diwaspadai dalam banjir bandang ini yaitu kawasan daerah rendah yang ada di bawah dataran tinggi atau di bawah perbukitan, terutama kawasan pemukiman warga yang ada di sekitaran sungai,” terangnya.

Dilanjutkannya, untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir bandang tersebut pihakanya dari BPBD Sumsel menghimbau agar masyarakat membersihkan saluran air dari sampah air agar tidak terjadi genangan air.

“Kemudian supaya tidak terjadi penyempitan arus sungai saat hujan dengan intensitas tinggi terjadi, dihimbau agar masyarakat juga membersihkan ranting atau pepohonan yang ada di aliran sungai tersebut,” tandasnya.

Terpisah, Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) SMB II Palembang, Sinta Andayani mengungkapkan, pada Minggu malam (24/11/2019) hingga dini hari pihaknya memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, kilat dan angin kencang terjadi di sejumlah daerah di Sumsel.

Baca Juga :   Stan UP2K PKK Sumsel Juara I se-Indonesia

“Adapun daerah yang berpotensi terjadi hujan tersebut, yakni di Muara Enim (Ujan Mas, Benakat), PALI (Talang Ubi), Lahat (Gumay Ulu, Pajar Bulan, Merapi Timur), Musirawas (BTS Ulu, Muara Lakitan), Pagaralam (Kota Pagaralam, Pagaralam Utara). Potensi hujan ini juga dapat meluas ke sebagian wilayah Empat Lawang, OKU dan OKU Selatan,” pungkasnya. (ded)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Band Unggu dan Mahalini Meriahkan Pembukaan Fornas

Palembang, KoranSN Group Band Unggu dan penyanyi cantik, Mahalini serta beberapa artis Indonesia bakal memeriahkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.