Waspada Dampak Kabut Asap, Masyarakat Dihimbau Gunakan Masker







dr Hj Letizia M.Kes (Foto-Dok/Istimewa)

Palembang, KoranSN

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumsel seperti di Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ilir (OKI), Muara Enim, PALI dan Muba membuat Dinas Kesehatan Kota Palembang menghimbau masyarakat untuk waspada asap dengan menggunakan masker.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Hj Letizia M.Kes, Selasa (8/8/2017).

Dikatakannya, Karhutla yang terjadi disejumlah daerah tersebut ditakutkan berdampak pada Kota Palembang. Dari itu masyarakat harus tetap waspada dan antisipasi secara dini agar tidak terserang infeksi saluran pernafasan dan gangguan pada penglihatan.

“Sekarang Palembang memang belum terkena dampak kabut asap namun masyarakat harus bersiap-siap. Untuk itu kita menghimbau, apabila masyarakat yang akan melakukan aktifitas di luar ruangan gunakanlah masker. Hal ini guna menghindari gangguan pernafasan serta menjaukan penyakit yang lain, seperti penyakit kulit dan iritasi pada mata karena sering menghirup kabut asap,” ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat Palembang dulu pernah ikut merasakan dampak kabut dari asap akibat Karhutla yang terjadi beberapa tahun lalu. Hingga membuat tidak sedikit masyarakat datang ke Puskemas maupun rumah sakit untuk berobat, meskipun hanya meminta obat kepada perawat karena terkena infeksi Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT).

Baca Juga :   Kejati Sumsel Bagikan Daging Kurban ke 10 Panti Asuhan dan Masyarakat

Ditambahkannya, dirinya juga mengharapkan masyarakat untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih, karena air putih banyak memiliki manfaat bagi tubuh serta antisipasi penyakit yang disebabkan oleh kabut asap.

“Perbanyaklah minum air putih karena banyak manfaat bagi tubuh, tubuh kita juga sebenarnya harus diimbangi dengan berolahraga dan kurangilah aktifitas di luar ruangan kalau dirasa tidak terlalu penting,” tandasnya. (rgn)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Kejati Sumsel Kurban Lima Ekor Sapi dan Satu Kambing, 500 Paket Daging Dibagikan ke Masyarakat, Panti Asuhan dan Pegawai Honorer

Palembang, KoranSN Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel) pada Hari Raya Idul Adha, Senin (17/6/2024) …

error: Content is protected !!