Waspada Fenomena Kabut (Fog) Terjadi di Palembang, Pengendara Dihimbau Hati-hati Jarak Pandang Kurang dari 1 Km





Info grafis peringatan dini cuaca di Sumsel. (Foto-Istimewa)

Palembang, KoranSN

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palembang mencatat terjadi fenomena kabut (Fog) di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, Selasa (20/9/2022).

Dari observasi cuaca BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, kabut terdeteksi terjadi sejak Pukul 05.00 WIB hingga Pukul 07.30 WIB dengan jarak pandang terendah 200 meter atau kurang dari 1 Km.

“Kabut (Fog) ini terjadi karena suhu permukaan bumi yang lebih dingin sehingga uap air yang berada diatas suhunya mencapai suhu titik embun dan mengalami kondensasi menjadi titik-titik air yang kecil dan melayang di permukaan menjadi kabut (Fog). Dengan seiring munculnya sinar matahari kabut ini akan menghilang,” terang Kepala Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Desindra Deddy Kurniawan dalam siaran pers yang diterima Suara Nusantara.

Baca Juga :   Bayar Hutang, Eko Nekat Gelapkan Mobil Teman

Menurutnya, kabut tebal dapat menghalangi jarak pandang manusia dan menjadi berbahaya jika terjadi di jalan raya, dunia penerbangan maupun kelautan, karena keterbatasan jarak pandang menyebabkan pengemudi sulit memprediksi jika ada benda atau kendaraan lain didepannya.

“Masyarakat pengguna transportasi kita himbau untuk berhati-hati terhadap fenomena kabut dengan jarak pandang kurang dari 1 Km ini,” tutupnya. (den)





Bagikan :

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Forum Admin Media Sosial dan Polda Sumsel Gelar Talkshow Dampak Judi Online

Palembang, KoranSN Forum Admin Media Sosial (FAMS) Sumatera Selatan bersama Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!