Waspada! Serangan Ispa dan Sakit Mata di Musim Kemarau







Ilustrasi. (foto-net)

Banyuasin, KoranSN

Memasuki musim kemarau masyarakat diminta waspada terhadap serangan berbagai macam penyakit, diantaranya infeksi saluran pernapasan (Ispa), sakit mata, influenza, demam dan campak.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Banyuasin, dr Masagus M. Hakim melalui Kepala Puskesmas Talang Kelapa, dr Hadi Subeno, Rabu (9/8/2017).

“Penderita penyakit Ispa dan sakit mata meningkat bulan ini hampir 50 persen dibandingkan musim lalu, terutama sakit mata bisa disebabkan cuaca kemarau banyak debu bertebaran, makanya biasakan cuci tangan untuk menghindari penularan,” katanya.

Lanjutnya, memasuki musim kemarau ini mengakibatkan sumber air bersih berkurang sehingga menyebabkan jumlah debu meningkat dan udara kering. Kondisi lingkungan yang tidak sehat dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh menurun serta menimbulkan beragam masalah kesehatan.

Sakit mata, misalnya, tidak hanya menyerang tubuh, virus dan bakteri juga dapat menyerang mata khususnya pada saat musim kemarau sekarang ini. Sakit mata seperti gatal dan keluar banyak kotoran yang berwarna kuning pertanda bahwa mata telah terinfeksi virus atau bakteri.

Semetara untuk infeksi saluran pernafasan kata Hadi Suseno, penyakit ini biasanya diakibatkan debu yang terbawa udara dan masuk pada saluran pernafasan sehingga mengakibatkan gangguan pada saluran pernafasan. Gejala yang ditimbulkan yaitu sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk hingga sesak nafas atau asma.

Baca Juga :   Polres Muba Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019, Terjunkan 200 Personel

“Selain dua itu, flu demam serta campak juga mengintai selama kemarau ini, makanya saat keluar rumah penting memakai masker agar tidak terkena debu, selain itu biasakan mencuci tangan serta banyak mengkonsumsi buah dan sayuran,” jelasnya. (sir)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pastikan Layanan Paspor Berjalan Baik, Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sumsel Tinjau Kanim Muara Enim

Muara Enim, KoranSN Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Muhamad Novyandri dan anggota tim melakukan …

error: Content is protected !!