Wisata Virtual Ragunan Minggu Ini Hadirkan Pasangan Orangutan Sumatera





Tangkapan layar wisata virtual Ragunan bersama pasangan orangutan Sumatera, Minggu (31/5/2020). (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Wisata virtual di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan minggu ini menghadirkan  pasangan Orangutan Sumatera (Pongo Abelii).

Ratna dan Dino, nama orangutan Sumatera  tampil menyapa penonton virtual di instragram resmi milik Ragunan @ragunanzoo pada Minggu (31/5/2020) pukul 09.00 WIB.

Wisata virtual di instagram Ragunan ini sudah ada sejak Minggu lalu (10/5/2020), sederet hewan yang tampil seperti Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, dan Siamang.

Dalam penayangannya, penonton diajak berkenalan dengan satwa koleksi Kebun Binatang Ragunan tersebut, selain mengenal nama-namanya, juga mengetahui makanan kesukaannya.

Pengunjung wisata virtual juga bisa berinteraksi melalui pertanyaan di instastory Ragunan lalu akan dijawab oleh penjaga satwa secara langsung.

Baca Juga :   Asita NTT Sebut Kunjungan Wisatawan Mulai Bergerak

Misalnya, apa saja menjadi kesukaan satwa tersebut, bagaimana kesehariannya di habitat aslinya, dan umurnya.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan tur visual satwa Ragunan ini merupakan yang keempat kalinya diadakan. Pertama pada Minggu (10/5/2020) menampilkan Gajah Sumatera bernama Pangeran Lestari Mulyani.

Tur visual selanjutnya diadakan Minggu (17/5/2020) bersama dua harimau Sumatera bernama Hana dan Tino. Dan Kamis (21/5/2020) bersama keluarga Siamang bernama Zulkarnain dan Nia serta Janu anaknya.

“Awalnya tur visual ini dirancang secara periodik setiap Minggu, tapi karena pekan kemarin bertepatan dengan Idul Fitri, maka kita majukan di hari Kamis,” kata Ketut.

Ketut menambahkan, fasilitas wisata virtual ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat yang ingin berwisata selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di rumah saja.

Baca Juga :   BPS : 5.276 Wisatawan Asing Berkunjung ke Sumbar

Saat ini Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi satwa mencapai 2.800 ekor lebih, mulai dari satwa berukuran kecil, sedang hingga besar seperti gajah, harimau dan jerapah.

Selama pandemi COVID-19, layanan wisata Ragunan ditutup oleh Pemerintah DKI Jakarta terhitung mulai 14 Maret 2020 hingga kini.

Selama ditutup, satwa-satwa koleksi Ragunan tetap dirawat dan periksa kondisi kesehatannya setiap saat, serta dipenuhi kebutuhan pakannya sehingga kondisinya terus terjaga dengan baik. (Antara/ded)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Menparekraf: Pulau Maitara Daya Tarik Wisata Terkuat di Ternate

Ternate, KoranSN Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Pulau Maitara yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!