Wujudkan Program 100 Kosong 100, Pemkot Siapkan IPAL

Harnojoyo. (foto-dok/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Guna mengatasi banjir dan genangan air saat hujan mengguyur Kota Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menyiapkan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) guna mewujudkan program 100 Kosong 100.

Walikota (Wako) Palembang, H Harnojoyo mengatakan, program 100 Kosong 100 adalah program mengatasi banjir dan pemanfaatan air limbah yang ada di Kota Palembang.

“100 persen air bersih, nol persen persen wilayah kumuh dan 100 persen air limbah,” jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu (18/6/2017).

Ia melanjutkan, program tersebut adalah rencana sejak lama, namun dikarenakan berbagai faktor akhirnya baru bisa terwujud dalam waktu dekat.

Baca Juga :   Gunakan Dana APBD Provinsi, Jalan Sukabangun II Mulai Diperbaiki

“Selain dari dana APBD Kota Palembang, dananya juga dibantu dari pusat serta dibantu dan dibangun langsung dari pihak Australia,” ujarnya.

Dijelaskan Wako Palembang, pembuatan IPAL tersebut menghabiskan dana keseluruhan berjumlah kisaran Rp 1,2 triliun.

“Sekarang sudah masuk dalam proses tander, Insy Allah akhir tahun 2018 bisa langsung digunakan kemungkinan selesainya setelah perhelatan Asian Games 2018 mendatang,” imbuhnya.

Masih kata Harnojoyo, jika pembuatan IPAL di Kota Palembang selesai, Kota Palembang adalah kota pertama di Indonesia yang memiliki IPAL yang dibuatkan langsung dari Australia.

Baca Juga :   Universitas Sumatera Selatan dan PWI Sumsel Jalin Kerjasama 

“IPAL ini akan dibangun di lokasi sungai Selayo Kecamatan Kalidoni dan akan ada 21 ribu sambungan IPAL ke sungai-sungai yang ada yang ada di Kota Palembang,” tandasnya. (rgn)

 

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pulau Kemaro Dibangun Tanggul

Palembang, KoranSN Alat berat dan puluhan Pegawai Harian Lepas (PHL) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan …