Yusril: Putusan Kasasi Syafruddin Sudah Final





Yusril Ihza Mahendra. (foto-antaranews)

Jakarta, KoranSN

Yusril Ihza Mahendra selaku penasihat hukum mantan Ketua Badan Penyehatan Perbankan (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung yang divonis bebas oleh Makmamah Agung (MA) menyebut putusan tersebut sudah final.

“Putusan itu final dan berkekuatan hukum tetap atau ‘inkracht van gewijsde’,” kata Yusril saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Pada Selasa (9/7/2019), majelis kasasi pada Mahkamah Agung memutuskan mantan Ketua Badan Penyehatan Perbankan (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung tidak melakukan tindak pidana sehingga harus dikeluarkan dari tahanan alias bebas.

Baca Juga :   Positif COVID-19 RI Jumat Bertambah 13.632, Sembuh 8.357 Orang

Syafruddin Arsyad Temenggung adalah terdakwa perkara korupsi penghapusan piutang Bantuan Langsung Bank Indonesia (BLBI) terhadap BDNI.

Sebelumya putusan majelis Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 24 September 2018 yang menjatuhkan vonis 13 tahun penjara ditambah denda Rp700 juta subsider 3 bulan kurungan kepada Syafruddin Arsyad Temenggung.

Sedangkan pada 2 Januari 2019 Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta memperberat vonis Syafruddin menjadi pidana penjara selama 15 tahun dan pidana denda sebesar Rp1 miliar dengan ketentuan bila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 bulan.

Baca Juga :   KPK Segera Tetapkan Wapres Boediono Tersangka Bank Century

Namun Syafruddin mengajukan kasasi ke MA sehingga majelis kasasi yang terdiri dari hakim Salman Luthan selaku ketua dengan anggota hakim Syamsul Rakan Chaniago dan Mohamad Asikin memutuskan membatalkan putusan pengadilan di bawahnya.

“MA telah memutus perkara tersebut dengan ‘onslaag’, perbuatannya ada, tetapi bukan tindak pidana. Apapun putusan pengadilan, apalagi putusan MA wajib kita hormati dan patuhi,” tambah Yusril.

Terkait dengan langkah hukum KPK selanjutnya, Yusril enggan berkomentar.

“Saya tidak ingin mengomentari apa-apa (terkait langkah hukum selanjutnya KPK),” ungkap Yusril. (antara/awj)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Wafatnya Presiden Iran

Jakarta, KoranSN Presiden RI Joko Widodo turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Presiden …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!