Zakat Fitrah Boleh Berupa Uang Rp 25 Ribu





Ikhsan Baijuri, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Muratara. (Foto-SN/Sunardi)

Muratara, KoranSN

Pada dasarnya zakat fitrah adalah makanan pokok bagi masyarakat di suatu daerah/wilayah, jika di Musi Rawas Utara (Muratara) makanan pokoknya adalah beras. Begitu juga untuk pembayaran zakat fitrah di wilayah Kabupaten Muratara rata-rata menggunakan beras seberat 2,5 Kg per jiwa, namun hal tersebut juga diperbolehkan dengan menggunakan uang sebesar 25 ribu rupiah per jiwa sebagai standar minimal sebagai ganti zakat fitrah (beras).

Hal ini berdasarkan hasil keputusan rapat gabungan antara Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kamenag) Kabupaten Muratara dengan stakeholder, seperti Ketua MUI Kabupaten Muratara, Perwalilan FKUB Kabupaten Muratara, perwakilan Disperindagkop Kabupaten Muratara, Perwakilan Baznas Kabupaten Muratara dan perwakilan Bagian Kesra Setda Kabupaten Muratara pada tanggal 29 april 2021 tentang standar minimal uang sebagai ganti zakat fitrah 1442 Hijriyah/2021 Masehi di kantor Kementrian Agama Kabupaten Muratara, kemarin.

Baca Juga :   Sembilan Usulan yang Jadi Prioritas Utama Hasil Musrenbang Desa Noman

Kakan Kamenag Kabupaten Muratara, Ikhsan Baijuri menjelaskan zakat fitrah hakikatnya berupa beras senilai 2,5 Kg per jiwa, namun bagi masyarakat yang tidak mempergunakan beras sebagai zakat fitrahnya dapat membayar dengan uang standar minimal sebesar Rp 25.000 per jiwa.

“Penetapan ini ditetapkan untuk wilayah Kabupaten Muratara saja,” katanya.

Menurutnya, apabila Muzakki yang makanan pokoknya sehari-hari lebih dari standar yang ditetapkan di atas maka menyesuaikan.

“Zakat fitrah ini hukumnya wajib dikeluarkan bagi tiap orang muslim yang mampu,” jelasnya. (snd)

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Kebun Sawit Milik Warga Diserang Hama Kumbang Tanduk/Badak

Muratara, KoranSN Kebun Sawit milik warga di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tepatnya disekitaran PT. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.